Terbaik News

Terbaik News merupakan berita berita yang lagi hot slot setiap harinya

Uncategorized

Tema Debat Capres 2024 yang Terakhir

Sejak Desember 2023 hingga Januari 2024, sudah dilaksanakan empat kali debat dalam rangka Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Surabaya. Debat kelima, yang merupakan debat capres terakhir, dijadwalkan akan digelar pada bulan Februari mendatang.

Dalam debat kelima Pilpres 2024, tiga calon presiden (capres) dari pasangan calon (paslon) yang berbeda akan bertemu. Mereka adalah Anies Baswedan (capres paslon 01), Prabowo Subianto (capres paslon 02), dan Ganjar Pranowo (capres paslon 03).

Setiap debat selalu menampilkan tema yang beragam. Sebagai contoh, debat cawapres kedua yang diadakan beberapa hari yang lalu fokus pada isu-isu pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Tema Debat Capres 2024 yang Terakhir

Menurut informasi yang dilansir dari situs resmi KPU, debat kelima Pilpres 2024 akan menyoroti tema-tema penting seperti kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Durasi total debat ini direncanakan selama 120 menit. Selama debat, waktu akan dibagi menjadi beberapa sesi yang melibatkan pertanyaan dari panelis dan pertanyaan antara para kandidat. Sesi-sesi tersebut memberikan kesempatan kepada calon presiden (capres) untuk menyampaikan pandangan dan rencana mereka terkait topik-topik yang diangkat.

Sesi terakhir debat akan ditandai dengan pernyataan akhir dari masing-masing kandidat, di mana mereka dapat merangkum poin-poin penting dan menyampaikan pesan penutup mereka kepada pemirsa.

Tema Debat Pilpres 2024

Setiap debat membahas tema berbeda. Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan lima debat Pilpres 2024 dibagi menjadi dua debat cawapres dan tiga debat capres. Adapun tema lengkap debat pilpres 2024 sebagai berikut.

1. Debat Pertama (Capres)
Pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

2. Debat Kedua (Cawapres)
Ekonomi (ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

3. Debat Ketiga (Capres)
Pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

4. Debat Keempat (Cawapres)
Pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

5. Debat Kelima (Capres)
Kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *