Terbaik News

Terbaik News merupakan berita berita yang lagi hot slot setiap harinya

Uncategorized

Meutya Hafid, satu-satunya calon legislatif perempuan yang berhasil melenggang ke DPR dari Dapil Sumut I.

Meutya Hafid, Ketua DPP Partai Golkar, berhasil mendapatkan tempat di Senayan kembali setelah berhasil melalui pertarungan sengit di Daerah Pemilihan Sumatera Utara I untuk periode 2024-2029. Melalui data resmi yang diumumkan pada Jumat (8/3/2024), Meutya Hafid berhasil mengumpulkan 147.004 suara sah dari hasil rekapitulasi penghitungan suara sesuai dengan data DA1 yang disahkan oleh PPK di semua kecamatan Dapil Sumut I. Dapil ini mencakup Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Kota Tebing Tinggi.

Dapil Sumut I dikenal sebagai wilayah persaingan ketat di mana banyak tokoh nasional berkompetisi untuk mendapatkan 10 kursi DPR RI. Berdasarkan data real count KPU, saat ini Partai Golkar menduduki peringkat kedua dan berhasil mengamankan 2 kursi DPR RI di Dapil Sumut I. Selain Meutya, politikus Golkar lainnya yang berhasil meraih kursi DPR RI dari dapil tersebut adalah mantan wagub Sumut, Musa Rajekshah (Ijeck).

Baca Juga : Jatah Kursi Jabatan Timses Prabowo-Gibran

Meutya Hafid menyatakan bahwa jumlah suaranya mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan Pemilu lima tahun yang lalu. Pada Pileg 2019, sebagai Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar, ia mendapat dukungan sebanyak 87 ribu suara.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur. Dari hasil rekapitulasi penghitungan suara sesuai dengan data DA1 yang disahkan oleh PPK di semua kecamatan Dapil Sumut I, saya berhasil mengumpulkan 147.004 suara. Ini adalah peningkatan perancatoto yang signifikan dari perolehan suara pada Pemilu 2019,” ungkap Meutya Hafid.

Dari 10 calon legislatif DPR RI yang berpotensi lolos, Meutya Hafid merupakan satu-satunya perempuan yang berhasil terpilih di Dapil Sumut I. Ini akan menjadi periode keempatnya di DPR RI.

Meutya Hafid juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Provinsi Sumatera Utara, khususnya di Dapil Sumut I, serta kepada KPU, Bawaslu, TNI-Polri, dan para relawan yang telah berhasil menjalankan Pemilu 2024 dengan baik.

“Ini adalah hasil dari kerja keras bersama, di mana masyarakat masih mempercayai saya dan Partai Golkar. Semoga amanah ini bisa kita perjuangkan untuk kepentingan rakyat di wilayah Sumatera Utara,” ucap Meutya.

Peringkat pertama di Dapil Sumut I ditempati oleh PDIP yang berhasil meraih 2 kursi atas nama Sofyan Tan dan Menkumham Yasonna Laoly. Posisi ketiga diisi oleh Partai Gerindra yang juga berhasil mendapatkan 2 kursi di dapil tersebut atas nama M Husni dan Ade Jona Prasetyo.

Selain itu, PKB berhasil meraih kursi dari dapil ini dengan nama mantan Bupati Deli Serdang dua periode, Ashari Tambunan. Politikus NasDem, Prananda Surya Paloh, dari NasDem juga berhasil lolos, bersama dengan elite PKS, Tifatul Sembiring. Adapun Partai Demokrat juga berpeluang mendapatkan kursi dengan nama Muhammad Lokot Nasution.

Sumber : DetikNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *